Site Network: Home | Imam | My Album | My Slidepaces | About Me

Welcome


METODE ILMIAH

Penjelasan hubungan gejala-gejala alam harus melalui langkah-langkah ilmiah. Para ilmuwan menggunakan metode ilmiah sebagai alat untuk menemukan jawaban terhadap pertanyaan apa, mengapa, dan kenapa. Metode ilmiah adalah suatu proses berpikir untuk mendapatkan cara penyelesaian masalah melalui beberapa tahapan.

Tahapan-tahapan metode ilmiah meliputi:
1. Mengumpulkan Data/ Informasi
2. Merumuskan Masalah
3. Membuat Hipotesis
4. Melakukan Percobaan
5. Membuat Simpulan Hasil Percobaan
6. Membuat Laporan
 
Secara lebih rinci akan dijelaskan tahapan-tahapan metode ilmiah sebagai berikut:
1. Mengumpulkan Data/ Informasi
Sumber informasi bisa di dapat dari pengalaman sendiri, teman, guru, buku-buku, majalah, koran, internet, dan data-data hasil penelitian.
2. Merumuskan Masalah
Masalah merupakan pertanyaan ilmiah yang akan dicari penyelesaiannya. Biasanya masalah diungkapkan dalam bentuk pertanyaan-pertanyaan yang jawabannya berupa pernyataan, bukan berupa jawaban ya atau tidak.
3. Membuat Hipotesis
Hipotesis adalah suatu ide atau dugaan sementara tentang penyelesaian masalah yang diajukan. Dugaan-dugaan yang dibuat harus berdasarkan fakta atau memiliki bukti yang kuat. Fungsi hipotesis adalah sebagai kerangka dasar suatu percobaan.
4. Melakukan Percobaan
Percobaan dilakukan untuk menguji hipotesis yang telah dibuat. Dalam melakukan percobaan yang harus diperhatikan adalah semua variable. Variabel merupakan factor-faktor yang dapat mempengaruhi hasil percobaan. Ada beberapa jenis variabel, yaitu variabel bebas, variabel terkendali, dan variabel tetap. Variabel bebas adalah variabel yang dapat diubah-ubah dan dapat mempengaruhi variabel lain. Variabel terkendali adalah variabel yang diukur atau diamati hasilnya berdasarkan pengaruh yang disebabkan oleh variabel bebas. Variabel tetap adalah variabel yang nilainya tetap atau tidak berubah.
5. Membuat Simpulan Hasil Percobaan
Kesimpulan menggambarkan hubungan antara hasil dengan hipotesis yang dibuat. Termasuk juga alas an-alasan untuk hasil percobaan yang bertentangan dengan hipotesis. Jika perlu, kesimpulannya dapat diakhiri dengan memberikan saran untuk percobaan selanjutnya.
6. Membuat Laporan
Bagian akhir dari tahap ini adalah menuliskan hasil percobaan dalam suatu laporan. Tujuannya adalah agar hasil yang telah diperoleh dapat bermanfaat bagi orang lain.
Sebagai referensi dapat di browsing di web berikut:

0 Comments:

Post a Comment



Idol Character

Dynamic Blinkie Text Generator at TextSpace.net

Daftra Search Engine

Contact Us

e-mail : rofiki_sains@yahoo.com
rofiki@graduate.org

Komentar

Recent Visitor