Site Network: Home | Imam | My Album | My Slidepaces | About Me

Welcome


Go To Mars, The Red Planet



Mars Exploration

Mars adalah planet terdekat keempat dari Matahari. Namanya diambil dari nama Dewa Yunani kuno untuk perang. Namun planet ini juga dikenal sebagai planet merah karena penampakannya yang kemerah-merahan.Planet Merah: Mars, senantiasa menarik minat umat manusia. Sejak kedekatannya dengan Bumi pada tahun 2003, kedatangan Planet Mars seakan senantiasa dinanti.

Ketertarikan minat manusia akan Planet Mars senantiasa berkembang hingga saat ini. Dulu kala, warna merah Planet Mars merupakan misteri dan dipercaya sebagai pertanda bencana yang bakal terjadi. Terlebih ketika warna merahnya semakin kentara seiring dengan berubahnya arah gerak Planet Mars akibat posisinya yang semakin dekat dengan Bumi.

Penemuan pola "saluran" di permukaan Mars memunculkan beragam spekulasi akan keberadaan makhluk hidup di Planet Merah tersebut. Hal ini menjadikan beragam film fiksi akan adanya kehidupan di Mars mulai bermunculan.

Mars, yang berada pada jarak ~1,5 au dari Matahari (1,5 kali jarak Bumi-Matahari) memerlukan waktu 686,98 hari untuk mengorbit Matahari. Lama kala revolusi tersebut yang menyebabkan Mars akan beroposisi dengan Matahari dan mencapai jarak terdekatnya dengan Bumi setiap dua tahun sekali.

Sumbu orbitnya yang miring hingga 25 derajat (hampir sama dengan bumi 23,5 derajat) juga mengakibatkan terjadinya perubahan musim sebagaimana perubahan musim di Bumi. Perubahan musim inilah yang mengakibatkan terjadinya penyusutan tudung es di kutubnya.

Pada tanggal 28 Agustus 2003 Planet Mars telah mencapai jarak paling dekat dengan Bumi. Dengan menghitung secara kasar, dapat diperkirakan bahwa Mars beroposisi pada tahun 2005 dan 2007.


Sumber: NASA
fisikanet

0 Comments:

Post a Comment



Idol Character

Dynamic Blinkie Text Generator at TextSpace.net

Daftra Search Engine

Contact Us

e-mail : rofiki_sains@yahoo.com
rofiki@graduate.org

Komentar

Recent Visitor